5 Hal Yang Bisa Menyebabkan Ukuran Penis Mengecil

Ukuran penis besar tentu menjadi kebangaan bagi seorang pria. Meski demikian, ukuran normal juga sudah cukup untuk membuat pasangan anda bahagia mencapai kepuasan seksual. Lalu bagaimana jika penis anda secara perlahan menjadi mengecil? Apakah ukuran penis yang terlanjur mengecil bisa dikembalikan?

Hal Yang Bisa Menyebabkan Ukuran Penis Mengecil

Hal Yang Bisa Menyebabkan Ukuran Penis Mengecil

Penis adalah salah satu organ penting bagi seorang pria. Meskipun termasuk organ external yang berada di luar tubuh, namun perawatan dan perhatian terhadap organ yang satu ini harus extra.

Hal ini dikarenakan penis adalah sebagai alat reproduksi. Selain itu untuk mencapai kebahagiaan batin bersama pasangan.

Penis bisa membesar pada saat ada rangsangan, hal ini disebut ereksi. Namun tahukah anda bahwa ukuran penis bisa mengecil dibanding ukuran sebelumnya?

Berapa Ukuran Penis Normal Kita?

Pada umumnya ukuran penis pria saat sedang “tidur” berkisar antara 5-10 cm. Dan saat ereksi, ukuran penis bisa mengembang atau membesar dan memanjang hingga mencapai 13-15 cm pada pria normal.

Membesar dan mengecilnya penis dipengaruhi oleh beberapa hal, bahkan penis bisa mengecil hingga hanya 2cm. Kira-kira apa saja yang dapat mengakibatkan ukuran penis mengecil? Silakan baca lebih lanjut.

Faktor Yang Menyebabkan Penis Mengecil Yang Tidak Anda Sadari

Beberapa faktor di bawah ini bisa menyebabkan ukuran penis menjadi kecil. Baik faktor internal maupun faktor eksternal dan dipengaruhi juga oleh faktor usia, fisik maupun psikologi. Berikut beberapa contoh faktor yang menyebabkan ukuran penis mengecil:

1. Penuaan

Penuaan secara alami adalah faktor usia penyebab utama penis mengecil. Karena, saat usia kita menua maka semakin banyak pula lemak yang menumpuk pada dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit bisa menghambat aliran darah dari jantung menuju ke jaringan penis.

Bukan hanya itu saja, seiring bertambahnya waktu, luka kecil secara berulang-ulang pada daerah penis yang diakibatkan oleh aktifitas seks atau olahraga bisa membuat terbentuknya jaringan parut.

Perpaduan faktor-faktor tersebut dapat mengakibatkan mengecilnya ukuran penis. Baik dalam keadaan normal maupun pada saat ereksi.

2. Kegemukan (Obesitas)

Perut yang buncit dan kelebihan berat badan karena obesitas bisa mengakibatkan ukuran penis terlihat mengecil. Padahal sebenarnya ukuran penis anda tidak berubah sama sekali.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sebagian dari batang penis tertutup oleh lemak yang menumpuk pada perut. Apalagi pada pria yang sangat gemuk, Bahkan lemak perut bisa menutupi hampir seluruh penis sehigga jika dilihat dari atas hanya nampak ujung penisnya saja.

Perspektif seperti itu bisa mengakibatkan penis seakan-akan mengecil. Apalagi pada saat penetrasi saat bercinta, karena batang penis yang masuk ke lubang vagina hanya sebagian karena menatap perut. Kejadian ini membuat seakan-akan penis anda mengecil atau memendek.

3. Efek samping operasi prostat

Pada saat setelah pulih dari operasi pengangkatan kelenjar prostat, hampir 70% pria mengalami pengecilan pada penisnya. Dalam istilah medis, prosedur ini disebut protatektomi radikal.

Para ahli bahkan tidak mengetahui pasti apa yang mengakibatkan ukuran penis mengecil setelah protatektomi. Sebagian ahli mengungkapkan bahwa kontraksi otot abnormal yang terjadi pada selangkangan dipercaya dapat megakibatkan batang penis menjadi terdorong masuk ke dalam, sehinggga membuat penis seperti mengecil ukurannya.

Setelah operasi prostat, biasanya ukuran penis akan mengecil sekitar 2-7 cm. Meskipun demikian kondisi tersebut bisa berbeda pada setiap pria.

Ada yang mengalami pemendekan hanya sedikit saja, ada yang bahkan bisa lebih pendek dari ukuran penis rata-rata. Bahkan sebagian pria malah tidak mengalami penyusutan sama sekali.

4. Efek samping obat

Ukuran penis bisa mengecil juga bisa disebabkan oleh efek obat-obatan tertentu. Berikut ini adalah obat-obatan yang mungkin bisa mengakibatkan penyusutan penis, seperti disampaikan oleh laman Very Well:

  • Adderall. Obat ini biasanya diresepkan untuk gangguan ADHD atau hipersensitivitas.
  • Antidepresan dan antipsikotik.
  • Dutasteride (Avodart), diresepkan untuk pengobatan pembesaran prostat.
  • Finasteride (Proscar), digunakan untuk mengobati pembesaran prostat dan rambut yang rontok

5. Penyakit Peyronie

Peyronie adalah kondisi dimana penis menjadi bengkok tidak normal yang diakibatkan oleh pembentukan plak yang menumpuk dan mengeras. Plak yang mengeras dan menumpuk menjadi jaringan parut di sepanjang batang penis. Lama-lama penebalan jaringan parut ini akan membuat bentuk penis melengkung dan bengkok.

Hal inilah yang membuat penis seakan-akan menjadi mengecil.

Sebenarnya bentuk penis bengkok adalah kondisi yang wajar. Namun jika diakibatkan oleh peyronie, sudut kelengkungannya sangat tajam dan tidak wajar.

Penis bengkok yang disebabkan oleh Peyronie juga disertai rasa sakit, bahkan ketidak-mampuan berhubungan seks.

Apakah penis yang mengecil dapat kembali ke ukuran normal?

Pertanyaan tersebuat bisa dijawab setelah kita mengetahui penyebabnya. Apabila penis mengecil tersebut disebabkan oleh kelebihan berta badan, maka cara paling tepat adalah dengan menurunkan berat badan agar penis kembali nampak.

Baca Juga : 5 Fakta tentang penis yang harus anda tahu

Apabila ukuran penis mengecil karena obat-obatan tertentu, tinjau kembali apakah obat tersebut masuk ke dalam daftar obat yang beresiko menyebabkan penis anda mengecil atau tidak. Jika obat tersebut berpotensi mengakibatkan penis anda mengecil dan anda mengkawatirkan efek sampingnya, silakan konsultasike dokter. Dokter anda kemungkinan anda menurunkan dosis untuk meminimalisir resiko. Atau bahkan mengganti resep obatnya.

Jika penyebab ukuran penis mengecil dikarenakan penyakit Peyronie, maka perawatan bisa difokuskan pada prosedur menghilangkan jaringan parut. Baik dengan obat-obatan, ultrasound, operasi atau langkah lainnya.

Beberapa cara sederhana di bawah ini juga dapat membantu mengembalikan ukuran penis anda yang mengecil:

  • Melakukan aktifitas fisik
  • Berhenti mereokok
  • Hindari menggunakan celana ketat
  • Makan makanan yang bergizi dan bernutrisi
  • Mengurangi / menghindari konsumsi alkohol

Demikian 5 hal yang bisa menyebabkan ukuran penis mengecil tanpa kita sadari. Dalam ulasan kali ini juga kami ingin informasikan bahwa minum vimax dapat meningkatkan ukuran penis anda.

Silakan bagikan dengan teman atau kenalan anda melalui tombol sharing.

Mari Berbagi
  • 4
    Shares

Extra Pembesar Penis

Penjual obat pembesar penis berbagai merk yang dapat membesarkan alat vital anda secara aman, tanpa efek samping dan hasil permanen. Terbukti membesarkan penis dan membantu mengatasi ejakulasi dini serta disfungsi ereksi. Follow kami: Twitter | Facebook